Saturday 9 July 2016

Cara Memilih Atau Menentukan Niche Blog Paling Tepat

Cara Memilih Atau Menentukan Niche Blog Paling Tepat - Saat sobat ingin membuat blog, maka hal yang harus dilakukan adalah menentukan atau memilih niche yang tepat untuk blog sobat. Dengan memilih niche sobat akan lebih mudah membuat artikel di blog sobat dengan tertarget sebelumnya. Nah, maka dari itu mulailah sekarang memilih niche yang tepat untuk blog sobat karena sangat berperan penting dalam dunia blog.

Cara Memilih Atau Menentukan Niche Blog Paling Tepat

Sebelum sobat memilih atau menentukan niche yang tepat, ada beberapa hal yang perlu sobat renungkan yaitu apa yang sobat sukai (misalnya: tentang seo) dan apa yang sobat kuasai (misalnya: ilmu seo). jika sobat merenungkan dengan cara seperti itu maka untuk menentukan niche yang tepat untuk blog sobat tentunya akan terasa mudah sekali.

Ada banyak sekali Niche Blog, misalnya niche tentang SEO, Google Adsense, Optimasi SEO Onpage dan off page, atau mungkin niche untuk bisnis yang menguntungkan. Namun, jika sobat masih pemula di bidang blog seperti saya ini, saya sarankan sobat memilih niche yang sobat sukai,hobby atau lainnya yang bisa sobat kuasai tentunya, agar nantinya sobat mudah dalam menulis artikel. nah berikut ini saya akan jelaskan bagaimana memilih niche yang tepat untuk blog sobat.

Tips Memilih Niche Blog

Cara Memilih Atau Menentukan Niche Blog Paling Tepat

Cara ini sudah saya terapkan di blog saya ini, jadi saya memilih niche ini sudah saya pikirkan dan renungkan sebelumnya, jika sobat masih bingung memilih niche yang tepat saya sarankan sobat membaca artikel saya tentang 3 Niche Blog Yang Ramai Pengunjung

1. Tentukan Minat

Hal yang pertama yaitu menentukan minat, dengan menentukan minat terlebih dahulu maka sobat akan mudah dalam menulis sebuah artikel, entah itu tentang pribadi sobat atau tentang yang lainnya.

Cobalah mulai berpikir tentang apa yang sobat sukai dan gemari. Contohnya mungkin cobat ahli dalam komputer, dengan keahlian sobat tersebut jika dituangkan dalam media blog maka sobat bisa berbagi tentang tips dan trik komputer misalnya. tentu akan sangat mudah dalam membuat artikel dengan bahasa sobat sendiri.

Lalu, tentukan apa ilmu yang ingin sobat perdalam. misalnya ingin memperdalami tentang seo, tentu sobat akan mencari cari informasi tentang seo dan akan sobat pelajari. nantinya sobat bisa menuangkan atau menulis ulang tentang seo tersebut dengan ilmu yang sudah dikuasai sebelumnya. dengan begitu menulis artikel sangatlah mudah.

Nah, jika sobat sudah menentukan minat sebelumnya maka selanjutnya adalah mencari tahu apakah ada orang yang mencari niche tersebut

2. Apakah Ada Orang yang mencarinya ?


Jika sobat misalkan memilih niche tentang cara sukses blog sobat harus mencari tahu apakah ada orang yang mencari tentang hal tersebut. Mungkin sobat bingung bagaimanakah cara mengetahui niche yang sering dicari oleh orang dan berapa banyak orang yang mencarinya. Nah, dibawah ini adalah tools yang bisa sobat coba untuk mencari tahu apakah ada orang dan berapa banyak orang yang mencari niche tersebut.

Pertama sobat bisa mencoba menggunakan Google AdWords Keyword Planner . Dengan tools ini sobat bisa mencari jumlah orang yang mencari niche blog sobat. tools ini gratis jadi tidak perlu khawatir dengan pengeluaran sobat. silakan sobat mencoba menggunakan tools ini.

Kedua sobat bisa mencoba menggunakan UberSuggest . Saat orang mencari informasi di mesin pencari google, maka akan muncul sepuluh jumlah artikel dengan kata kunci yang sudah diketikkan sebelumnya. Cobalah memasukkan kata kunci niche sobat dan sobat akan melihat kata kunci yang disarankan oleh google search engine. Jika sobat sudah mendapatkan hasilnya silakan lakukan apa yang harus sobat lakukan sesudahnya.

Ketiga cobalah menggunakan Amazon. Cobalah melakukan pencarian di amazon. lalu lihatlah jumlah buku yang sedang dicari dengan pencarian terbanyak. Dengan begitu sobat akan tahu tentang niche yang sedang populer di amazon, kemungkinan visitor akan mencari di mesin pencari juga.

Sobat juga bisa melakukan berbagai maca diskusi di forum forum terkenal, cobalah bertanya dan meminta saran untuk memilih niche apa yang tepat untuk sobat lakukan selanjutnya.

3. Apakah dapat menghasilkan uang ?


Apakah sobat ingin membuat blog yang dapat menghasilkan uang ? tentu semua orang ingin membuat blog yang ingin menghasilkan uang. nah, sobat harus mementukan apakah niche yang sobat pilih dapat menghasilkan uang. Jika sesuatu tersebut terkait dengan jual beli maka niche tersebut tepat untuk menghasilkan uang.

Coba kita kembali ke pertanyaan yang pertama. jika sobat ahli di bidang komputer tentu saja sobat bisa membuat artikel tentang komputer, nah di dalam artikel tersebut sobat bisa menjual barang barang komputer misalnya VGA card,monitor,keyboard atau yang lainnya, tentu orang orang akan tertarik untuk membelinya. Jika sobat ahli di bidang seo maka kemungkinan orang akan mencari contact sobat untuk menanyakan tips seo agar bisa ahli seperti sobat, tentu dengan cara ini sobat bisa membuka kursus seo kecil kecilan dan tentunya cara ini sangat mudah untuk menghasilkan uang.

Jika sobat memilih niche tentang jual beli maka hal tersebut dapat memudahkan sobat dalam bisnis affiliasi dari perusahaan online seperti amazon. banyak barang yang bisa sobat jual dari amazon dan tentunya itu cocok dengan niche jual beli. dengan cara ini sobat akan mudah dalam memperoleh penghasilan.

Sobat juga bisa menggunakan bisnis affiliasi yang lebih mendalam. seperti banyak orang yang menyukai VGA Nvidia karena kualitasnya yang bagus. Jika sobat melakukan pencarian Google tentang affiliasi VGA Nvidia, sobat akan menemukan toko online yang menjual barang tersebut, serta yang mereview barang tersebut.

cara lainnya yaitu melakukan promosi blog sobat, barangkali ada orang yang berminat untuk memasang iklan mereka di blog sobat yang sesuai dengan niche blog sobat. dengan cara ini sobat hanya perlu melakukan promosi di media sosial atau dengan cara melakukan blogwalking.

Lalu jika niche sobat bagus dan berkualitas, sobat bisa memonetiskan blog sobat di Google Adsense yaitu mengggunakan dengan layan PPC. sobat akan dibayar jika ada orang yang mengklik iklan yang tampil di blog sobat. namun, sangat tidak mudah dalam mendaftarkan blog ke google adsense seperti blog saya ini berulang ulang kali saya daftarkan dan berulang ulang kali ditolak. namun jika sudah terdaftar maka penghasilan itu sangalatlah mudah.

Simpulkan Pilihan Anda


setelah mengikuti beberapa pertanyaan utama untuk membantu sobat dalam memilih niche seperi sobat tertarik, orang lain tertarik, dan sobat dapat menghasilkan uang. Dari ketiga pilihan tersebut simpulkan lalu jadikanlah satu kesatuan. Jika sobat sudah menyimpulkannya silakan sobat mulai membuat sebuah blog dengan niche yang sudah sobat pilih.

Buatlah artikel yang tertarget dengan niche yang sobat pilih karena hal ini sangat erat kaitannya dengan SEO, jangan pernah membuat artikel diluar niche karena akan mengakibatkan blog sobat terlihat berantakan dan niche yang dipilih tidak tertarget.

Cobalah untuk melihat video dibawah ini:


Jadi dapat disimpulkan bahwa memilih niche tang tepat perlu banyak pertimbangan, jangan asal asalan dalam memilih niche karena dapat membuat blog sobat berantakan dan tidak tertarget. sebelum memilih niche yang tepat sobat bisa mempertimbangkannya, tidak harus dengan cara itu. sobat bisa membuat blog dengan niche tanpa berpanutan dengan ketiga hal diatas. semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba memilih niche yang tepat.


Halo sahabat blogger, terima kasih sudah mengunjungi artikel saya dan senantiasa membaca artikel saya. jangan lupa berikan komentar tentang artikel ini hehehe....

3 komentar

patut di contoh, ane newbie dalam blogging gan, thanks ya buat infonya

kalau saya kadang nichenya campur-campur gan, itu masalah gak ya ?


EmoticonEmoticon