Wednesday 6 July 2016

Cara Optimasi SEO OnPage Blog Dengan Mudah Dan Berkualitas

Cara Optimasi SEO OnPage Blog Dengan Mudah Dan Berkualitas - Apakah sobat sedang bingung tentang cara optimasi seo on page yang paling tepat untuk mesin pencari saat ini ? atau mungkin sobat bingung dengan teknik terbaik untuk seo onpage pada blog sobat ? Jika iya, sobat sudah masuk di artikel yang tepat saat ini.

Semua pemilik blog pasti pernah melakukan berbagai macam optimasi seo onpage dan off page pada blog mereka yang akan menentukan posisi artikel atau blog mereka pada mesin pencari karena untuk mendapatka posisi terbaik di mesin pencari itu tidaklah mudah contohnya mesin pencari seperti Google,Bing dimana kita memiliki persaingan yang sangat ketat. untuk itu sobat harus memiliki teknik terbaik untuk meningkatkan SEO On-Page dan Off-page di blog sobat.

Untuk mendapatkan ribuan trafik dan cara terbaik untuk meningkatkan trafik blog yaitu kita harus berada di posisi terbaik di mesin pencari. Dengan kata lain kita harus paham apa itu SEO dan cara kerja SEO itu seperti apa. Nah, pada tulisan yang
cukup panjang ini saya akan membagikan cara terbaik optimasi seo onpage pada blog sobat.

Tapi tunggu dulu, sebelum memulai optimasi seo onpage pada blog, alangkah baiknya sobat mengerti apa itu SEO onpage?


Apa Itu SEO OnPage?


Bagaimana cara optimasi seo onpage yang baik


SEO onpage adalah optimasi yang dilakukan di dalam blog itu sendiri dengan beberapa faktor yang nantinya akan berpengaruh pada search engine. Faktor tesebut sangatlah banyak diantaranya sobat harus belajar optimasi seo onpage pada blogspot atau wordpress dengan kode HTML, penempatan kata kunci, kepadatan kata kunci, meta tag, dan lain lain.

Optimasi SEO Onpage Blog Dengan Mudah Dan Berkualitas

Pada postingan sebelumnya saya sudah membuat artikel cara optimasi seo off page pada blog kita, Nah sekarang saatnya kita membahas teknik seo onpage itu. silakan disimak

1. Optimasi SEO Title Tags

Title tags merupakan hal yang sangat penting untuk menaruh kata kunci. kata kunci atau keywords akan jauh lebih baik jika diletakkan di awal judul suatu postingan daripada kata kunci yang di letakkan di tengah tengah judul dan di akhir judul, tetapi tidak diharuskan untuk meletakkan kata kunci di awal judul

Jika ingin meletakkan kata kunci di awal judul maka kata kunci tersebut harus benar benar penting. Tetapi saya sarankan menaruh kata kunci di tengah tengah judul artikel dan diawal judul berikan sedikit pemanisnya seperti Cara Ampuh, Cara Terbaik dan lainnya

Misalnya optimasi seo onpage pada blog. judul artikel dengan kata kunci seperti ini sangatlah bagus dan fokus terlihat simple jika kata kunci tersebut adalah optimasi seo onpage.
atau bisa juga cara paling ampuh untuk optimasi seo onpage 2016. contoh ini seperti yang saya jelaskan tadi, ditambah sedikit pemanis untuk membuat kata kunci optimasi seo onpage agar terlihat menarik untuk dilihat.

Jika kita bandingkan judul optimasi seo onpage pada blog dengan cara paling ampuh untuk optimasi seo onpage 2016 maka untuk serp yang paling bagus adalah yang pertama tersebut, sedangkan yang kedua sangat bagus untuk memikat visitor dengan judul yang unik.

2. Optimasi SEO Link 

jika kita berbicara soal link, ini cukup penting kita optimasi selain kita mengoptimasi meta deskripsi. Jika kita perhatikan baik baik banyak sekali jenis jenis link ada yang panjang adapula yang pendek, mungkin sobat blogger masih bingung apakah kita harus membuat link yang panjang atau link yang pendek, nah sekarang mari saya jelaskan

Menurut pengalaman saya sendiri, saya lebih suka menggunakan link atau url yang singkat,jelas dan tepat sasaran serta cocok dengan meta deskripsi nya, dengan cara membuat link atau url sesuai dengan kata kunci yang akan dijadikan target.

Misalnya url seperti dibawah ini:

"http://ngampusseo.blogspot.com/2016/07/optimasi-seo-on-page.html"

seperti contoh di atas para pengunjung bahkan mesin pencari akan mudah mengerti dan menyimpulkan bahwa maksud dari judul tersebut adalah artikel tentang optimasi seo onpage. sangat simpel dan tertarget dengan kata kunci tersebut.

Atau mungkin seperti ini

"http://ngampusseo.blogspot.com/2016/07/cara-paling-ampuh-optimasi-seo-on-page-2016.html"

dari contoh tersebut,itu sama saja seperti cara optimasi seo onpage 2016, tetapi letak perbedaannya yaitu, url yang panjang biasanya tidak akan tampil di mesin pencari, hanya akan ditampilkan beberapa bagian url saja, nah dengan ini disimpulkan jikalau url panjang cukup ribet dan sulit untuk tertarget dengan kata kunci, karena url terlalu panjang biasanya akan sulit untuk bersaing, lebih baik menggunakan cara yang pertama dengan memperpendek url sesuai dengan kata kunci. Google lebih menyukai hal tersebut

3. Optimasi SEO Meta Description

Ini yang sangat penting yaitu tentang meta deskripsi. kok meta deskripsi harus di optimasi? jawabannya saat orang mencari informasi maka yang pertama dilihat adalah judul, kemudian setelah judul orang lebih banyak melihat meta deskripsi yang memperjelas dengan maksud dari judul tersebut, begitupula dengan mesin pencari, mesin pencari sudah pasti akan mencari deksripsi yang tepat dengan judul. contohnya saat sobat mencari informasi di mesin pencari Google, sobat pasti akan melihat judul dan deksripsi lalu sobat akan tertarik untuk mengunjunginya, dengan itu disimpulkan bahwa sobat harus mengoptimasi meta deskripsi.

Maksimal sobat harus membuat deskripsi sepanjang 165 kata, karena mesin pencari google hanya menampilkan maksimal 165 kata, buatlah meta deskripsi yang menarik yang tertarget dengan kata kunci. apapun yang menarik pasti akan dikunjungi oleh pengunjung karena penasaran dengan judul serta deskripsinya.

4. Optimasi SEO Internal Link

Buatlah artikel tetapi jangan melupakan internal link yang cocok dengan topik yang sobat bahas. seperti internal link yang ada pada postingan ini, tujuannya yaitu untuk membuat link juice, banyak banyaklah membuat link juice karena akan memberikan sesuatu yang berarti untuk artikel kita.

Misalnya internal link yang ada di situs Wikipedia, Pernah saya membaca menurut wikipedia artikel yang berkualitas adalah artikel yang mempunyai internal link yang saling berkaitan, dengan begitu search engine akan lebih menyukai artikel yang memiliki internal link yang tepat untuk diposisikan di tempat yang tepat pada mesin pencari.
Jangan terlalu over memberikan internal link misalkan ke situs wikipedia, cukup beberapa saja 4 atau 5 sudah cukup untuk satu artikel.

5. Optimasi SEO External Link

tidak hanya memberikan internal link, kita juga harus memberikan external link karena pengaruhnya cukup besar dalam mesin pencari. External link atau bisa disebut link keluar sangatlah penting jika ingin memiliki artikel berkualitas dan posisi terbaik di mesin pencari. Sobat bisa lihat seperti website MOZ, disana bisa dipelajari cara memberikan external link yang berkualitas.

Masih ingatkah sobat dengan search engine spiders ? search engine yang menuju ke berbagai situs atau blog untuk mengumpulkan data yang berkualitas lalu kemudian diseleksi untuk ditampilkan manakah yang terbaik di mesin pencari. Maka dari itu link keluar atau external link sangat berperan penting dalam SEO.

Maka Janganlah sungkan untuk memberikan external link pada artikel kita, Karena dampaknya akan luar biasa daripada tidak memberi link keluar sama sekali. Cara menaruh external link yaitu menggunakan Anchor text untuk target kata kunci yang berkualitas.

6. Optimasi SEO Tag H1 pada Judul Artikel

Ini sudah sejak dahulu direkomendasikan oleh master seo, kalau buat artikel judul harus menggunakan tag H dan tag H1 harus ada satu saja jangan lebih. Untuk mengetahuinya ada caranya yaitu, dengan buka artikel sobat yang sudah di publikasi lalu CTRL+U kemudian cari judul artikelnya atau bisa dengan klik kanan judul artikelnya lalu Inspect Element nanti akan muncul <h1 class blablabla > atau <h2 class blablabla.>.

Tidak perlu pusing memikirkan tag H1 ini, gunakan saja template SEO Friendly yang gratis juga tidak apa apa karena sudah dilengkapi tag H1 otomatis untuk setiap judul postingan, kalau sobat belum mengggunakan template seo nya silakan ganti saja, Saya sudah menyediakannya pada artikel 3 template seo friendly terbaik dan terbaru

7. Optimasi SEO Pada Gambar

Artikel tanpa gambar tidaklah bagus karena terkesan buruk dan pengunjung akan malas untuk membaca, jika pengunjung malas membaca maka pengunjung akan meninggalkan situs kita dan itu sangat tidak baik untuk reputasi blog, tetapi jika semakin lama pengunjung berada di blog kita maka, akan mengurangi tingkat bouncing out rate.  bouncing out rate akan menentukan kualitas artikel sobat di mata mesin pencari, jika bouncing out rate sobat melebihi batas maka akan terlihat buruk dan tidak disukai oleh mesin pencari

Untuk optimasi seo bisa menggunakan alt tag yang sering dipakai untuk optimasi gambar, jika sobat tahu tentang robot txt maka sobat akan tahu bahwa robot.txt tidak bisa membaca gambar, tetapi jika menggunakan alt tag maka robot.txt dapat membacanya. sekarang sobat harus optimalkan gambar agar artikel sobat menjadi lebih SEO Friendly.


8. Optimasi Kata Kunci
Cara Optimasi SEO OnPage Blog Dengan Mudah Dan Berkualitas


Inilah hal yang sangat penting yaitu kata kunci, dimana hal ini sangat penting untuk optimasi seo onpage, untuk itulah kita harus meriset kata kunci sebelum kita membuat artikel. Mesin Pencari Google sangat memperhatikan kata kunci yang dipakai dan penempatan kata kunci yang baik, jika kita meletakkan kata kunci dengan tepat maka blog atau situs kita akan lebih mudah diindex search engine spider.

Kualitas kata kunci harus diperhatikan, meskpun banyak sekali master seo yang mengatakan bahwa itu tidak perlu dilakukan, kepadatan kata kunci dengan kata kunci berulang ulang tidak masalah jika tidak mengurangi kualitas artikel dan diharuskan kata kunci jangan lebih dari 2% dari artikel, karena semakin banyak persentase kata kunci bisa jadi dianggap blog spammer oleh google.

9. Optimasi Kata Kunci Yang Panjang (Long Tail Keywords)

kata kunci long tail keywords tidak terlalu sulit daripada kata kunci Short tail keyword, tetapi kata kunci yang panjang (Long Tail Keywords) sangat jarang untuk dicari oleh pengunjung. Biasanya kata kunci utama (short tail keyword) sangat padat dan ketat persaingannya, karena kata kunci tersebut termasuk kata kunci populer dan untuk mendapatkan posisi halaman pertama google search engine salatlah sulit, maka dari itu kata kunci yang panjang (long tail keywords) bisa jadi alternatifnya, karena tingkat persaingannya sedikit jadi lebih mudah.

Misalnya kata kunci yang panjang (long tail keywords) seperti cara paling ampuh melakukan optimasi seo onpage atau cara mudah optimasi seo onpage pada blog terbaru. untuk mengoptimalkan kata kunci yang panjang carilah yang memiliki banyak jumlah pencariannya dan cukup sedikit kompetitornya, agar sobat bisa menempati posisi pertama di halaman pertama google.

Untuk menemukan kata kunci yang panjang (long tail keywords) bisa menggunakan tools seperti google keyword planner, keywordtool.io atau bisa juga menggunakan ubersuggest.org.

10. Tulislah Artikel Yang Panjang Dan Berisi

Artikel yang panjang dan berisi tentu sangat menarik dan nyaman untuk dibaca, dan bisa saja menjadikan suatu keuntungan untuk kata kunci yang panjang atau long tail keywords yang tidak sengaja saat sobat menulis artikel. Mesin pencari google sangat menyukai artikel yang membahasa dengan jelas tentang informasi yang sedang dicari oleh pengunjung.

Sobat bisa membuat artikel yang menarik dan disukai oleh pengunjung dengan kata kata yang khas namun tidak merusak isi dari artikel bahkan meyimpang dari kata kunci.

kata master seo semakin banyak kata didalam artikel tentu akan semakin banyak kata kunci dan semakin memudahkan kita untuk mencapai posisi halaman pertama google. Artikel adalah raja yang merupakan hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan SEO blog sobat.

Silakan bisa lihat video tentang optimasi seo on page dibawah ini, selamat menonton.

Untuk belajar SEO tidak perlu jauh jauh dan tidak perlu biaya yang mahal, saya akan menuntas habiskan tentang SEO yang akan saya bahas di blog saya yaitu Ngampus SEO ini

Nah sekian untuk artikel saya tentang cara optimasi seo onpage pada blog, semoga bermanfaat untuk kita semua tentunya sebagai para pemula di bidang blog.

Halo sahabat blogger, terima kasih sudah mengunjungi artikel saya dan senantiasa membaca artikel saya. jangan lupa berikan komentar tentang artikel ini hehehe....

10 komentar

Ijin nerapin di web ane gan..matur tengkyu

Keren bli. Rage dot metakon, kan jadi misalne rage ube publish artikel, suud to rge dot edit url artikel to tapii ing ngidang, justru exclosure link keto gen misi, rge dot ne kan custom permalink, pang lebih singkat url ne. Suksm, fast respond nggih bli

Terimakasih mas sangat jelas sekali panduannya

Lagi nyari cara buat optimasi seo mas, mantaplah artikelnya

kebetulan blog ku masih baru, butuh cara ini

Penting banget nih, thx infox

Wah... On page SEO.
Tapi mas, kira-kira ini dapat efektif nggak mas buat blog yang baru?
Dampaknya dapat dirasakan kapan?
Saya punya blog baru tapi belum bisa dapet traffic besar.
Monggo pencerahannya.

wah mantap, ijin mencobanya gan

wah seo on page nih mantap pembahasanya gan


EmoticonEmoticon